Raup Untung dari Monetisasi Tablet

Menjamurnya tablet media memberi peluang baru bagi penerbit untuk menjual konten secara digital. Tahun 2011, banyak sekali tablet bermuncul...

Menjamurnya tablet media memberi peluang baru bagi penerbit untuk menjual konten secara digital. Tahun 2011, banyak sekali tablet bermunculan ke pasar. 
Majalah masuk tablet. /img: idsgn.org

Sebagai kategori baru yang posisinya berada di antara ponsel dan notebook, segmen produk ini diincar oleh dua industri besar ponsel dan komputer. Bermula dari Apple yang sukses meluncurkan iPad, banyak vendor yang ikut terjun dalam kancah kompetisi tablet. Samsung merilis Galaxy Tab yang cukup sukses sebagai pesaing terkuat iPad. Motorola tampil percaya diri dengan Xoom. Acer ikut menjual Iconia. Asus tampil unik dengan EEE Pad Transformer dan seterusnya. Gelombang tablet seperti tak bisa ditekan. Beberapa vendor lokalpun ikut menjualnya.


Laporan terbaru dari DisplaySearch memperkirakan hampir 56 juta tablet akan diproduksi selama tahun 2011. Peningkatannya mencapai 200 persen dibanding tahun 2010. Pundi-pundi yang dikeruk dari tabletpun cukup berkilau. Strategy Analytics meramalkan pendapatan global tablet yang diperoleh vendor mencapai US$ 49 milyar di tahun 2015. Amerika Utara, Asia Pasifik dan Eropa Barat menjadi regional yang paling bernilai untuk vendor tablet. Benar yang diasumsikan oleh Strategy Analytics.

Indonesia yang merupakan salah satu negara berkembang di Asia Pasifik sekarang sudah diramaikan oleh tablet. Tetapi, akankah pendapatan besar dari tablet hanya akan dinikmati oleh produsen tablet saja? Seharusnya tidak, karena tablet telah membentuk ekosistem baru yang didesain sebagai content consumption. Layarnya yang berukuran besar dari 7 inchi sampai 10 inchi membuat pengguna bisa menikmati konten lebih nyaman dibanding pada ponsel. "PC tablet akan menjadi tren dan banyak dipakai oleh pengguna, terutama di kota besar untuk membaca e-paper dan e-maga-zine," kata Ferrij Lumoring, Senior Vice President Jatis Group.

Pada tablet, konten yang lebih laku adalah yang enak dilihat di layar besar seperti media cetak dalam bentuk digital, film, game dan aplikasi. Konten tersebut menjadi salah satu nilai jual dari tablet yang dipasarkan. Di Indonesia, perusahaan penerbitan menjadi seperti anak emas yang ditawari untuk menjual konten digital. Samsung yang merilis Galaxy Tab menggandeng Kompas Gramedia dan Grup MRA. Kemudian OlivePad yang bekerjasama dengan content provider Jatis Mobile untuk menyediakan e-paper, e-magazine dan buku pelajaran digital.

Tidak ketinggalan perusahaan software seperti Apps Foundry yang merilis aplikasi Scoop berisi majalah untuk iPad. Juga Phase Dev yang meluncurkan aplikasi Wayang Force untuk iPad dan Android. XL sebagai operator telekomunikasi ikut berjualan konten dengan meluncurkan layanan XL Baca yang telah dibundling pada tablet Huawei S7. Mereka bekerjasama dengan Kompas Gramedia, Mizan Digital Publishing, MRA Printed Media, Tempo, Jakarta Post, dan Tiga Serangkai. Bahkan Kompas sampai berani mengembangkan sistem sendiri untuk menjual konten digital.

Sejak Mei 2011, harian terbesar di Indonesia tersebut menerapkan sistem berbayar pada e-paper Kompas untuk iPad. Edi Taslim, Vice Business Director Kompas.com mengaku tidak khawatir pembaca koran Kompas akan berkurang karena beralih ke versi digital. Karena teknologi dan informasi berjalan berdampingan sehingga penerbit juga harus menyesuaikan dengan tren teknologi terbaru. “Ada medium baru untuk mengonsumsi informasi atau media,” kata Edi. Dari kondisi di atas, terlihat semua pihak berebutan untuk menjual konten. Bagaimana cara agar konten yang dijualnya laku? Macala Wright Lee, Pendiri situs FashionablyMarketing.Met memberi saran untuk yang ingin memonetisasi konten digital. “Kesuksesan berkaitan langsung dengan kualitas konten,” ujarnya.

Mengutip studi dari eMarketer, jika publikasi memiliki konten yang konsumen bernilai dan berguna, mereka akan bersedia membayar. Penerbit harus mencari tahu berapa banyak konsumen yang bersedia untuk membayar dan menetapkan harga yang murah sesuai kemampuan.Versi digital dari sebuah media cetak sebaiknya juga memiliki nilai tambah yang memanfaatkan kecanggihan teknologi tablet. Jadi tidak sekadar dalam bentuk PDF saja, tetapi juga menyediakan konten interaktif dan pengoperasian yang user-friendly.

COMMENTS

Nama

#Blue Origin,1,#perfectplacetowork,3,#Review,1,#Roket,1,#Samsung Gear VR,1,#Teknologi,1,#Wearable Devices,1,1000 Buku,2,1000Buku,2,3,2,3D,2,3DS Max,1,3G,3,4G,1,4g Lte,2,500px,2,ABI Research,2,About,1,AC Nielsen,2,Accenture,1,Acer,3,Adita Irawati,1,Adobe,6,Adobe AIR,2,affiliate marketing,2,Agama,2,Agate Studio,2,Ahmad Gaus,1,AirBnB,1,Aksesoris,2,AMOLED,1,Analisis,2,Andrea Hirata,3,Android,80,Android Market,9,Android Photography,2,Antivirus,3,Aplikasi,16,Aplikasi Navigasi,1,Aplikasi Untuk Nelayan,1,App Store,13,Apple,20,Application,1,Apps,2,arsitektur,2,Artificial Intelligence,1,Asus,3,augmented reality,1,Auto White Balance,1,AutoCAD,1,Autodesk,2,Autographer,2,Avast,1,Axis,4,Ayu Utami,1,Bakrie Telecom,2,Bali,6,Bangkok,2,BBM,1,belajar fotografi,2,Bengawan,2,Bentang Pustaka,1,berita fotografi,2,Best Shot,2,Better-B,1,BHI,6,Bilangan Fu,2,Bill Gates,2,Biografi,5,Bisnis,17,BlackBerry,14,BlackBerry 10,1,BlackBerry Jam Asia,2,BlackBerry Z10,1,Blog,2,Blogdetik,2,blogger,11,Blogger Peduli,2,Bloggers for Bangsari,2,Blogospjere,1,Books,2,bridge,2,Browser,2,Bsd City,1,Buku Fotografi,4,Bunderan HI,2,Burst Mode,2,Caleg,2,CameraSim,2,CameraSIM for ipad,2,CameraSIM for iPhone,2,Candid,2,Canon,7,Canon EOS,1,Canon EOS 6D,2,Carl Zeiss,2,CDMA,1,Cgi,1,Chatbots,1,Chatzbro,1,Chrome,2,CIMB Niaga,1,Cipinang,1,City Lens,2,Cityscape,2,Cloud computing,3,Cloudy,1,CMOS,2,Cmos Full Frame,1,CMOS full-frame,1,Coast,1,Coffee,2,Content Marketing,1,coolpix S800c,1,Corel Draw,1,Creative Writing,1,Crowdsourcing,2,Dagdigug,2,Dahlan Iskan,2,Daily Social,2,Dakota,2,Daylight,2,Dell,3,Desain Grafis,4,Developer,4,Developer Economics 2013,2,Dian Sastro,2,digital imaging,2,Digital Life,1,Digital Media,1,Digital Parenting,2,digital payment,2,Dion Alexander Nugraha,1,Dolby Mobile,1,DSLR,8,Dual Camera,1,Dual View,2,DyCode,1,E Money,2,e-commerce,5,e-money,2,Ebconnection,1,Edensor,2,edit foto sendiri,2,Editorial,2,Education,4,Ekonomi,1,Elex Media Komputindo,13,Entrepeneur,1,Ericsson,2,Event,4,evolusi fotografi,2,Excelcomindo Pratama,2,Facebook,27,Facebook Ads,1,Fastlane,2,Featured,105,Features,1,Fennec,1,Film Reviews,1,Filterstorm,2,Firefox,2,Flash,1,Flickr,11,Fluoerescent,1,foto jurnalistik,4,fotodroids,2,Fotofestafet,2,Fotografer,4,Fotografi,10,fotograger robot,2,Friendster,1,Froyo,1,Fujifilm,4,Full HD,1,Gadget,4,Gagasan,1,Galaxy S,1,Galaxy Tab,4,Galeri,13,Game,3,gang family,2,Gesang,2,gesture recognition,2,Gingerbread,1,Gmail,1,Gnu,1,Goenawan Mohamad,2,Google,13,Google Gears,1,Google Maps,1,Google Mini,1,Google Search Appliance,1,Google Talk,1,Gorilla glass,2,Gpl,1,GPS,1,Gramedia,2,Grasindo,1,GSM,3,GSMA,1,Haki,1,handphone terbaru 2012,2,Hardy Heron,1,Hasil Foto,7,HCPT,2,HDR,10,HDR Arts,2,Headlines,2,Heartbleed,2,Here Maps,2,Hermawan Kertajaya,1,Herry Nurdi,1,high dynamic range,2,high speed camera,1,high speed photography,2,Hijup,1,Hitech,1,Honeycomb,1,HT Mobile,2,HTC,26,HTC Android,1,HTC One,6,htc one s,4,HTC Sense,1,Huawei,4,Human Interest,4,Ice House,2,Iconia,1,idblognetwork,2,Igop,1,Igos,2,IM3,4,Indo Pos,2,Indobackpacker,2,Indonesia,2,Indonesia Business Today,2,Indosat,6,Infografis,10,infographic,4,Inisiatif,2,Inovasi,4,instacanvas,2,Instagram,40,Instagram Handbook,1,Instagram URL,2,Instagram Web Profiles,2,Intermezzo,51,Internet,8,Internet Explorer,1,Internet of Things,2,iOS,21,iPad,23,iPhone,27,iPhone 4,2,iPhone 4S,3,iphonesia,2,iPod,1,iPod touch,6,Iron Man,1,Islam,6,istiqlal,2,iStock Photo,2,Jaiku,2,Jaringan,1,Jenghiz Khan,1,Jenny Tomlin,1,Joomla,1,jurnalisme,1,Kabel Charger,1,Kabel Data,1,Kamera,1,Kamera 3D,2,kamera android,2,kamera canggih,2,kamera full frame,2,kamera keren,2,kamera ponsel,1,kamera terbaru 2012,1,Kamera Unik,2,Kampanye,2,Kapan Lagi,2,Kaskus,2,Kepulauan Seribu,2,Kevin Systrom,1,Kominfo,2,kompas,1,Komputer,8,Komunitas,3,Kontes Foto,4,Kontributor,2,kopdar,2,Krakatau,2,Krakatu,2,Kronologger,2,kurban,2,Kyocera,1,Landscape,2,Laptop,2,Laskar Pelangi,4,Laut Nusantara,1,Lebaran,6,Legislatif,2,Lentera Dipantara,1,LG,6,LG Optimus G,1,li wei,2,Lightbox,4,Lingkar Pena,2,Linux,4,LTE,4,Lumia,2,Lumix,2,Luna Maya,1,M2M,2,Mac OS X,1,Machine to Machine,2,Maemo,1,Magic Frame,2,Magnoffee,2,Magnum,2,Majalah Selular,2,Manajemen,1,Marketing,1,Marting Lings,1,Maryamah Karpov,2,MasterCard,3,MasterPass,3,memoto,2,Memoto Lifelogging camera,1,Mentari,2,Mfish,1,Microsoft,11,Mike Krieger,1,Millenial,1,Mito,1,Mobile 8,1,mobile payment,2,mobile photography,4,Mobile-8,1,Mohammad Jeprie,1,Molome,3,Motivasi,1,Movie,6,Mozilla,3,Mozilla Firefox,1,Mozilla Party,1,Mudik,5,Muh Budi Setiawan,2,Muhammad,1,muktamar blogger,6,Myspace,1,Mytubo,2,N86,1,Nao robot,2,Nationalism,4,Netizen,72,New Asha Platform,2,New Media,1,New Wave Marketing,1,News,4,Nexian,1,Nextbit Robin,2,Nexus,4,NFC,2,Nightlife,2,Nikon,5,Nokia,17,Nokia 1,1,nokia 808 pureview,1,Nokia Asha 501,2,Nokia Lumia,3,Nokia Maps,2,Nokia Siemens Network,1,Nokia Siemens Networks,1,Nokia Xpress Browser,2,Nokia Xpress Now,2,Norton,3,Norton 360 Multi Devices,2,Notebook,2,Novel,5,NSN,1,NTS,2,Obama,2,Olympus,7,Omnia,1,Online Shop,1,Onno,2,Open Source,5,Opera,3,Opini,24,Oppo,1,Optimal Image Stabilizer,2,Ovi,1,Panasonic,6,Panorama,4,Parenting,2,Parking,1,Path,1,PB2008,2,Pemilu 2009,2,Pendidikan,1,Pengembangan Diri,1,pesta blogger,4,Photo Editing,2,Photo Essay,3,photo sharing,4,Photo Studio,2,Photo Wizard,1,photoBot,1,Photography,4,Photography From My Eyes,2,photography history,1,Photojojo,1,Photoshop,5,photovine,1,Picasa,2,PicFrame,1,Picplz,5,PicsArt,2,PicSay,2,PicSay Pro,1,Pinstagram,1,Pixlr,1,Pixlromatic,1,Play Store,1,Plaza Indonesia,2,Plurk,2,point of interest,1,Polaroid,3,Politics,3,Politik,2,Ponsel,1,ponsel android terbaru,1,Posman Sitohang,1,Pramoedya,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Preview,9,Preview Kamera,2,Prima Infosarana Media,1,Prism,1,Profile,1,Pulau Tidung,2,Qualcomm,3,Realme,1,Rekening Ponsel,2,Rekomendasi,7,Religia,6,Republika,1,Resensi,4,Review,21,Review Gadget,1,Review HTC One S,1,Review Kamera,8,Rhonda Byrne,1,Ridwan Sanjaya,1,RIM,4,robot photographer,1,Roman,3,RPM Konten Multimedia,2,RSS,1,Ruang Analisis,6,Ruang Aplikasi,19,Ruang Berita,15,Ruang Kamera,2,Ruang Panduan,3,Ruang Uji,16,Sabili,1,Sampoerna,1,Samsung,33,Samsung Forum,2,Samsung Galaxy Camera,2,samsung galaxy note,1,Samsung Galaxy S4,1,Samsung Galaxy S6,2,Samsung Galaxy Tab A,1,Sang Pemimpi,1,Searching,1,Security,3,Sejarah,1,sejarah fotografi,1,Sekolah,2,Selebritis,1,Selfie,2,Selular,8,Serambi,1,Services,8,Shade,1,Shutterstock,1,Simpati,2,simulator kamera DSLR,2,SkyDrive,1,Skype,1,Smart Camera,1,Smart Home,1,Smart Tags,1,Smart Telecom,1,Smartphone,24,Smartphone Indonesia,1,Snapdragon,2,Snapseed,1,Social Media,5,Social Networking,1,Society,4,Solo,2,Sony,12,Sony Ericsson,5,Sony Xperia Z,1,startup,9,Startup Lokal,3,Statigram,1,Steve Jobs,2,steve mccurry,2,Streamzoo,2,Stuck On Earth,1,Sunda Kelapa,1,Sunset,4,Super AMOLED,1,Survei Kamera,2,Swype,1,Symantec,4,Symbian,6,Tablet,10,Takudar Khan,1,Technology,2,Techpolitan,1,Teknologi,27,Teknologi dan Telekomunikasi,16,Telecommunication,8,Telekomunikasi,20,Telekomunikasi Indonesia,1,Telkom,1,Telkomsel,14,Telkomunikasi,2,Tere Liye,1,Test Drive,1,Texas Instrument,1,The Secret,1,Three,1,Tiga Serangkai,1,Timescape,1,Tips,14,tips edit foto,1,Tips Fotografi,11,TipsFoto,2,Torch,1,Toshiba,1,TouchWiz,1,toucretouch,1,Transportasi,7,Traveling,11,Trend Fotografi,2,Tungsten,1,Tweetdeck,1,Twitter,10,Uber,2,Ubuntu,1,Ultra Pixel,2,Valentine,2,Vlogs,1,VMware,8,Vox,1,Wahana Komputer,1,Waze,1,Web 2.0,1,Webstagram,1,White Balance,1,Wi-Fi,2,Windows,1,Windows Mobile,2,Windows Phone,6,XL,6,XL Axiata,4,XL SmartBuy,2,Xmor R,1,Xperia,2,yahoo,2,YouTube,2,Yuyung Abdi,1,ZTE,2,
ltr
item
mrbambang: Raup Untung dari Monetisasi Tablet
Raup Untung dari Monetisasi Tablet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhTsrs_mMyx-Xr7lxO7hpu9nZ1XJaG_6N_aIdDRyfHqHz4jxOr7NtzRCZXcRIvD3fYFkhareJoesBBZj1plEGQ3RdQ7Bihm3YGc2bhNMTuwIhQptGvgGXFRRCtaMw1x286oMgSN8JvbHo/s320/popsci.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhTsrs_mMyx-Xr7lxO7hpu9nZ1XJaG_6N_aIdDRyfHqHz4jxOr7NtzRCZXcRIvD3fYFkhareJoesBBZj1plEGQ3RdQ7Bihm3YGc2bhNMTuwIhQptGvgGXFRRCtaMw1x286oMgSN8JvbHo/s72-c/popsci.jpg
mrbambang
https://mrbambangblog.blogspot.com/2011/09/raup-untung-dari-monetisasi-tablet.html
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/2011/09/raup-untung-dari-monetisasi-tablet.html
true
1307657475298993394
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy