HTC: Nilai Filosofis Di Balik Inovasi Teknologi

[caption id=”attachment_627" align=”aligncenter” width=”700"] Berfoto bersama di lobi kantor pusat HTC Taiwan[/caption] Kantor pus...

[caption id=”attachment_627" align=”aligncenter” width=”700"]


Berfoto bersama di lobi kantor pusat HTC Taiwan[/caption]


Kantor pusat HTC di Taipei yang baru diresmikan Juni 2012 ternyata tidak sekadar bangunan biasa. Ada nilai filosofis yang terkandung baik di bangunan gedung maupun produk yang dihasilkan, sebagai pengejawantahan dari visi, nilai dan semangat inovasi perusahaan.


Rasa lelah terkungkung berjam-jam di dalam pesawat dari Jakarta langsung sirna ketika kaki menjejakkan tanah di Taipei. Hawa dingin menusuk kulit berpadu hujan rintik-rintik menyambut kehadiran saya pada kunjungan perdana ke ibu kota Taiwan pada pertengahan Desember ini. Taipei, seperti halnya Jakarta adalah pusat politik, ekonomi, dan budaya. Namun, kota megapolitan ini jauh lebih maju dan tertata menjadi salah satu pilar ekonomi dunia dengan banyaknya industri global yang berdiri. Di sinilah, lahir sejumlah perusahaan teknologi bertaraf internasional yang produknya sering kita jumpai di pasar. Diantaranya adalah Acer, Asus, Ben-Q, D-Link, TrendMicro, Transcend, dan tak keinggalan HTC, yang dikenal sebagai produsen smartphone berkelas premium. Di perusahaan yang disebutkan terakhir itulah tujuan saya dan empat rekan jurnalis lainnya dari Jakarta berkunjung ke Taipei. Melalui tulisan ini, saya mencoba berbagi “oleh-oleh” hasil kunjungan saya selama berada di sana.


Untuk diketahui, HTC lahir pada tahun 1997 yang merupakan buah dari ide brilian pendirinya: HT Cho dan Cher Wang. Dulunya, HTC lebih dikenal sebagai perusahaan manufaktur yang merakit smartphone berdasarkan pemesanan dari vendor. Lambat laun, perusahaan berkembang dan mulai memproduksi smartphone dengan merek sendiri pada tahun 2006. Selama bertahun-tahun itu pula, kantor operasional perusahaan yang sekarang dikomandani oleh Peter Chou ini menyatu dengan pabrik yang berlokasi di kawasan industri dekat Bandara internasional Taoyuan. Kerja keras itu membuahkan hasil. Sejak bulan Juni 2012, mereka telah memiliki kantor pusat yang berlokasi di New Taipei City, bertepatan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-15. Sayang sekali, saya tidak berkesempatan mengunjungi pabriknya untuk melihat secara langsung proses produksi pembuatan smartphone. Karena yang ada di agenda hanya kunjungan ke kantor pusatnya yang masih kinyis-kinyis itu.


Gedung ramah lingkungan
Kantor pusat HTC berdiri megah di Jalan Zhongxing, distrik Xindian. Ada aura baru yang terpancar ketika memasuki gedung berwarna putih ini. Albert Lin, Senior Brand Manager HTC, dengan ramah menyambut kedatangan kami sambil menjelaskan perihal konsep gedung HTC yang masih seumur jagung ini. Yang menarik, gedung dengan 17 lantai tersebut ternyata tidak sekadar bangunan yang kokoh berdiri. Ada nilai filosofis yang terkandung di dalamnya, sebagai pengejawantahan dari visi, nilai dan semangat inovasi perusahaan.


“Markas baru ini menggambarkan komitmen HTC untuk menciptakan pengalaman mobile inovatif yang membuat hidup konsumen lebih mudah dan lebih produktif,” ujar Albert. Menurutnya, desain gedung yang kontemporer ini berakar pada pemikiran menjaga kelestarian lingkungan dengan ruang yang menyampaikan pesan humanis, keahlian, kesederhanaan, dan kegembiraan. Garis-garis bersih dan atrium lobi yang luas memaksimalkan cahaya alami dan meningkatkan aliran udara, membantu mengurangi jejak karbon bangunan sekaligus memberi makna komunikasi terbuka.


Berada di gedung ini memang menyenangkan. Beraneka fasilitas telah disediakan lengkap. Kami diberi kesempatan untuk melihat beberapa ruang yang ada. Jadi, gedung ini tak hanya berisi sekat-sekat kantor yang menjemukan, tetapi juga fasilitas yang sifatnya refreshing. Karena disediakan area khusus untuk olahraga berbagai jenis, food court gratis, dan sebagainya. Di gedung ramah lingkungan inilah, sebanyak 2 ribu karyawan bersemayam, termasuk diantaranya lebih dari 1.000 staff desain dan R&D yang berkreasi menciptakan smartphone inovatif kepada konsumen di seluruh dunia.


[caption id=”attachment_631" align=”aligncenter” width=”394"]


Area Atrium yang dimanfaatkan untuk galeri seni. Beberapa patung kontemporer karya seniman Ju Ming bisa ditonton di sini.[/caption]


Teknologi yang personal
Setelah melihat beberapa sudut ruangan dengan aneka fasilitasnya, kami masuk ke ruang meeting dan bertemu dengan Zoey Chia, Director Brand Management HTC. “Menemukan cara terbaik untuk mengintegrasikan teknologi state-of-the-art dengan kemudahan pengalaman pengguna, selalu dan akan selalu, menjadi semangat kami,” kata Zoey. Wanita berparas ayu tersebut mengungkapkan bahwa dengan menempatkan orang atau pengguna sebagai pusat dari segala sesuatu yang dilakukannya, HTC mendorong batas-batas desain dan teknologi untuk menciptakan pengalaman inovatif dan personal bagi konsumen di seluruh dunia. Intinya, berdasarkan point of view dari HTC bahwa mobile is personal. Karena perangkat bergerak dianggap sebagai instrument dari ekspresi individual yang selalu dibawa kemanapun pergi. Karena itulah mereka mengembangkan desain yang elegan dengan antarmuka yang intuitif.


Ada dua hal yang kini menjadi fokus dari HTC, yaitu kamera dan audio. Berbicara mengenai kamera, HTC memiliki pandangan yang menarik. “Kamera itu sebainya intuitif seperti fokus mata pada manusia,” kata Albert sambil memberitahu bahwa ketika melihat sesuatu, kecepatan fokus yang diperlukan mata manusia adalah 0,3 detik. Dari landasan itu, HTC mengembangkan teknologi imaging sehingga smartphone terbaru kami (seri premium HTC One) memiliki kamera dengan kecepatan fokus 0,2 detik dan kecepatan memotret 0,7 detik. “Sehingga tak perlu lagi menunggu dan kehilangan momen,” ujarnya dengan senyum mengembang.


Sedangkan untuk audio, HTC mengintegrasikan dengan teknologi dari Beats Audio yang mana perusahaan memiliki saham di sini. Albert mengatakan, ”Suara yang otentik adalah prioritas kami. Karena ini bukan hanya soal musik, melainkan kualitas suara.” Bagi HTC, perangkat mobile bukan berarti cuma smartphone, tetapi sistem hiburan audio-video, pusat kendali komunikasi, dan ekspresi individu yang semuanya merupakan satu kesatuan.


Tantangan
Berbagai penghargaan telah diraih oleh HTC. Tahun 2011 merupakan era keemasan bagi HTC karena menggondol beberapa prestasi yang prestisius. GSMA menobatkan HTC sebagai “Device Manufacturer of the Year”. Kemudian Interbrand memasukkannya ke dalam Top 100 Best Global Brands, menjadikan HTC perusahaan Taiwan pertama yang masuk daftar prestisius ini dengan valuasi US$ 3,6 miliar.


Sebaliknya, di tahun 2012 kondisi perusahaan kurang menggembirakan terutama pada kinerja keuangan. Albert membagi data bahwa kecepatan penjualan produk HTC di seluruh dunia saat ini adalah 0,58 dalam satu hari. Angka yang terbilang kecil, sehingga perusahaan semakin terlecut untuk terus berkreasi menghasilkan produk inovatif. Selain itu juga berupaya membuat strategi jitu. Salah satunya adalah dengan menjalin kemitraan selama tiga musim di kompetisi sepak bola bergensi UEFA Champion League dan UEFA Europa League yang dimulai pada Januari 2013. Dengan kerjasama tersebut, HTC bisa mempromosikan model terbaru bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia. Singkatnya, perusahaan ini berhasrat menjadi salah satu merek terbaik di dunia.


Itulah sekelumit oleh-oleh kisah yang saya bawakan. Sebenarnya masih banyak kisah lain selama dua hari dua malam efektif di Taipei. Semoga ada waktu untuk membaginya di blog ini :)

COMMENTS

Nama

#Blue Origin,1,#perfectplacetowork,3,#Review,1,#Roket,1,#Samsung Gear VR,1,#Teknologi,1,#Wearable Devices,1,1000 Buku,2,1000Buku,2,3,2,3D,2,3DS Max,1,3G,3,4G,1,4g Lte,2,500px,2,ABI Research,2,About,1,AC Nielsen,2,Accenture,1,Acer,3,Adita Irawati,1,Adobe,6,Adobe AIR,2,affiliate marketing,2,Agama,2,Agate Studio,2,Ahmad Gaus,1,AirBnB,1,Aksesoris,2,AMOLED,1,Analisis,2,Andrea Hirata,3,Android,80,Android Market,9,Android Photography,2,Antivirus,3,Aplikasi,16,Aplikasi Navigasi,1,Aplikasi Untuk Nelayan,1,App Store,13,Apple,20,Application,1,Apps,2,arsitektur,2,Artificial Intelligence,1,Asus,3,augmented reality,1,Auto White Balance,1,AutoCAD,1,Autodesk,2,Autographer,2,Avast,1,Axis,4,Ayu Utami,1,Bakrie Telecom,2,Bali,6,Bangkok,2,BBM,1,belajar fotografi,2,Bengawan,2,Bentang Pustaka,1,berita fotografi,2,Best Shot,2,Better-B,1,BHI,6,Bilangan Fu,2,Bill Gates,2,Biografi,5,Bisnis,17,BlackBerry,14,BlackBerry 10,1,BlackBerry Jam Asia,2,BlackBerry Z10,1,Blog,2,Blogdetik,2,blogger,11,Blogger Peduli,2,Bloggers for Bangsari,2,Blogospjere,1,Books,2,bridge,2,Browser,2,Bsd City,1,Buku Fotografi,4,Bunderan HI,2,Burst Mode,2,Caleg,2,CameraSim,2,CameraSIM for ipad,2,CameraSIM for iPhone,2,Candid,2,Canon,7,Canon EOS,1,Canon EOS 6D,2,Carl Zeiss,2,CDMA,1,Cgi,1,Chatbots,1,Chatzbro,1,Chrome,2,CIMB Niaga,1,Cipinang,1,City Lens,2,Cityscape,2,Cloud computing,3,Cloudy,1,CMOS,2,Cmos Full Frame,1,CMOS full-frame,1,Coast,1,Coffee,2,Content Marketing,1,coolpix S800c,1,Corel Draw,1,Creative Writing,1,Crowdsourcing,2,Dagdigug,2,Dahlan Iskan,2,Daily Social,2,Dakota,2,Daylight,2,Dell,3,Desain Grafis,4,Developer,4,Developer Economics 2013,2,Dian Sastro,2,digital imaging,2,Digital Life,1,Digital Media,1,Digital Parenting,2,digital payment,2,Dion Alexander Nugraha,1,Dolby Mobile,1,DSLR,8,Dual Camera,1,Dual View,2,DyCode,1,E Money,2,e-commerce,5,e-money,2,Ebconnection,1,Edensor,2,edit foto sendiri,2,Editorial,2,Education,4,Ekonomi,1,Elex Media Komputindo,13,Entrepeneur,1,Ericsson,2,Event,4,evolusi fotografi,2,Excelcomindo Pratama,2,Facebook,27,Facebook Ads,1,Fastlane,2,Featured,105,Features,1,Fennec,1,Film Reviews,1,Filterstorm,2,Firefox,2,Flash,1,Flickr,11,Fluoerescent,1,foto jurnalistik,4,fotodroids,2,Fotofestafet,2,Fotografer,4,Fotografi,10,fotograger robot,2,Friendster,1,Froyo,1,Fujifilm,4,Full HD,1,Gadget,4,Gagasan,1,Galaxy S,1,Galaxy Tab,4,Galeri,13,Game,3,gang family,2,Gesang,2,gesture recognition,2,Gingerbread,1,Gmail,1,Gnu,1,Goenawan Mohamad,2,Google,13,Google Gears,1,Google Maps,1,Google Mini,1,Google Search Appliance,1,Google Talk,1,Gorilla glass,2,Gpl,1,GPS,1,Gramedia,2,Grasindo,1,GSM,3,GSMA,1,Haki,1,handphone terbaru 2012,2,Hardy Heron,1,Hasil Foto,7,HCPT,2,HDR,10,HDR Arts,2,Headlines,2,Heartbleed,2,Here Maps,2,Hermawan Kertajaya,1,Herry Nurdi,1,high dynamic range,2,high speed camera,1,high speed photography,2,Hijup,1,Hitech,1,Honeycomb,1,HT Mobile,2,HTC,26,HTC Android,1,HTC One,6,htc one s,4,HTC Sense,1,Huawei,4,Human Interest,4,Ice House,2,Iconia,1,idblognetwork,2,Igop,1,Igos,2,IM3,4,Indo Pos,2,Indobackpacker,2,Indonesia,2,Indonesia Business Today,2,Indosat,6,Infografis,10,infographic,4,Inisiatif,2,Inovasi,4,instacanvas,2,Instagram,40,Instagram Handbook,1,Instagram URL,2,Instagram Web Profiles,2,Intermezzo,51,Internet,8,Internet Explorer,1,Internet of Things,2,iOS,21,iPad,23,iPhone,27,iPhone 4,2,iPhone 4S,3,iphonesia,2,iPod,1,iPod touch,6,Iron Man,1,Islam,6,istiqlal,2,iStock Photo,2,Jaiku,2,Jaringan,1,Jenghiz Khan,1,Jenny Tomlin,1,Joomla,1,jurnalisme,1,Kabel Charger,1,Kabel Data,1,Kamera,1,Kamera 3D,2,kamera android,2,kamera canggih,2,kamera full frame,2,kamera keren,2,kamera ponsel,1,kamera terbaru 2012,1,Kamera Unik,2,Kampanye,2,Kapan Lagi,2,Kaskus,2,Kepulauan Seribu,2,Kevin Systrom,1,Kominfo,2,kompas,1,Komputer,8,Komunitas,3,Kontes Foto,4,Kontributor,2,kopdar,2,Krakatau,2,Krakatu,2,Kronologger,2,kurban,2,Kyocera,1,Landscape,2,Laptop,2,Laskar Pelangi,4,Laut Nusantara,1,Lebaran,6,Legislatif,2,Lentera Dipantara,1,LG,6,LG Optimus G,1,li wei,2,Lightbox,4,Lingkar Pena,2,Linux,4,LTE,4,Lumia,2,Lumix,2,Luna Maya,1,M2M,2,Mac OS X,1,Machine to Machine,2,Maemo,1,Magic Frame,2,Magnoffee,2,Magnum,2,Majalah Selular,2,Manajemen,1,Marketing,1,Marting Lings,1,Maryamah Karpov,2,MasterCard,3,MasterPass,3,memoto,2,Memoto Lifelogging camera,1,Mentari,2,Mfish,1,Microsoft,11,Mike Krieger,1,Millenial,1,Mito,1,Mobile 8,1,mobile payment,2,mobile photography,4,Mobile-8,1,Mohammad Jeprie,1,Molome,3,Motivasi,1,Movie,6,Mozilla,3,Mozilla Firefox,1,Mozilla Party,1,Mudik,5,Muh Budi Setiawan,2,Muhammad,1,muktamar blogger,6,Myspace,1,Mytubo,2,N86,1,Nao robot,2,Nationalism,4,Netizen,72,New Asha Platform,2,New Media,1,New Wave Marketing,1,News,4,Nexian,1,Nextbit Robin,2,Nexus,4,NFC,2,Nightlife,2,Nikon,5,Nokia,17,Nokia 1,1,nokia 808 pureview,1,Nokia Asha 501,2,Nokia Lumia,3,Nokia Maps,2,Nokia Siemens Network,1,Nokia Siemens Networks,1,Nokia Xpress Browser,2,Nokia Xpress Now,2,Norton,3,Norton 360 Multi Devices,2,Notebook,2,Novel,5,NSN,1,NTS,2,Obama,2,Olympus,7,Omnia,1,Online Shop,1,Onno,2,Open Source,5,Opera,3,Opini,24,Oppo,1,Optimal Image Stabilizer,2,Ovi,1,Panasonic,6,Panorama,4,Parenting,2,Parking,1,Path,1,PB2008,2,Pemilu 2009,2,Pendidikan,1,Pengembangan Diri,1,pesta blogger,4,Photo Editing,2,Photo Essay,3,photo sharing,4,Photo Studio,2,Photo Wizard,1,photoBot,1,Photography,4,Photography From My Eyes,2,photography history,1,Photojojo,1,Photoshop,5,photovine,1,Picasa,2,PicFrame,1,Picplz,5,PicsArt,2,PicSay,2,PicSay Pro,1,Pinstagram,1,Pixlr,1,Pixlromatic,1,Play Store,1,Plaza Indonesia,2,Plurk,2,point of interest,1,Polaroid,3,Politics,3,Politik,2,Ponsel,1,ponsel android terbaru,1,Posman Sitohang,1,Pramoedya,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Preview,9,Preview Kamera,2,Prima Infosarana Media,1,Prism,1,Profile,1,Pulau Tidung,2,Qualcomm,3,Realme,1,Rekening Ponsel,2,Rekomendasi,7,Religia,6,Republika,1,Resensi,4,Review,21,Review Gadget,1,Review HTC One S,1,Review Kamera,8,Rhonda Byrne,1,Ridwan Sanjaya,1,RIM,4,robot photographer,1,Roman,3,RPM Konten Multimedia,2,RSS,1,Ruang Analisis,6,Ruang Aplikasi,19,Ruang Berita,15,Ruang Kamera,2,Ruang Panduan,3,Ruang Uji,16,Sabili,1,Sampoerna,1,Samsung,33,Samsung Forum,2,Samsung Galaxy Camera,2,samsung galaxy note,1,Samsung Galaxy S4,1,Samsung Galaxy S6,2,Samsung Galaxy Tab A,1,Sang Pemimpi,1,Searching,1,Security,3,Sejarah,1,sejarah fotografi,1,Sekolah,2,Selebritis,1,Selfie,2,Selular,8,Serambi,1,Services,8,Shade,1,Shutterstock,1,Simpati,2,simulator kamera DSLR,2,SkyDrive,1,Skype,1,Smart Camera,1,Smart Home,1,Smart Tags,1,Smart Telecom,1,Smartphone,24,Smartphone Indonesia,1,Snapdragon,2,Snapseed,1,Social Media,5,Social Networking,1,Society,4,Solo,2,Sony,12,Sony Ericsson,5,Sony Xperia Z,1,startup,9,Startup Lokal,3,Statigram,1,Steve Jobs,2,steve mccurry,2,Streamzoo,2,Stuck On Earth,1,Sunda Kelapa,1,Sunset,4,Super AMOLED,1,Survei Kamera,2,Swype,1,Symantec,4,Symbian,6,Tablet,10,Takudar Khan,1,Technology,2,Techpolitan,1,Teknologi,27,Teknologi dan Telekomunikasi,16,Telecommunication,8,Telekomunikasi,20,Telekomunikasi Indonesia,1,Telkom,1,Telkomsel,14,Telkomunikasi,2,Tere Liye,1,Test Drive,1,Texas Instrument,1,The Secret,1,Three,1,Tiga Serangkai,1,Timescape,1,Tips,14,tips edit foto,1,Tips Fotografi,11,TipsFoto,2,Torch,1,Toshiba,1,TouchWiz,1,toucretouch,1,Transportasi,7,Traveling,11,Trend Fotografi,2,Tungsten,1,Tweetdeck,1,Twitter,10,Uber,2,Ubuntu,1,Ultra Pixel,2,Valentine,2,Vlogs,1,VMware,8,Vox,1,Wahana Komputer,1,Waze,1,Web 2.0,1,Webstagram,1,White Balance,1,Wi-Fi,2,Windows,1,Windows Mobile,2,Windows Phone,6,XL,6,XL Axiata,4,XL SmartBuy,2,Xmor R,1,Xperia,2,yahoo,2,YouTube,2,Yuyung Abdi,1,ZTE,2,
ltr
item
mrbambang: HTC: Nilai Filosofis Di Balik Inovasi Teknologi
HTC: Nilai Filosofis Di Balik Inovasi Teknologi
mrbambang
https://mrbambangblog.blogspot.com/2012/12/htc-nilai-filosofis-di-balik-inovasi.html
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/2012/12/htc-nilai-filosofis-di-balik-inovasi.html
true
1307657475298993394
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy