Membandingkan Transportasi Indonesia dengan China

[caption id="attachment_504" align="aligncenter" width="300" caption="Seorang pengendara sepeda yang memb...

[caption id="attachment_504" align="aligncenter" width="300" caption="Seorang pengendara sepeda yang membonceng ibunya"][/caption]

Manajemen transportasi yang memadai adalah sebuah keniscayaan bagi kota besar. Karena jika tidak ada tata kelola yang baik, maka akibatnya seperti Jakarta yang semrawut dan macet tiap hari. Saat berkunjung ke China beberapa waktu lalu, saya tertegun dan coba membandingkan dengan kondisi di Jakarta. Bagaimana kondisinya? Apakah lebih baik atau lebih buruk dari Jakarta? Ternyata dua hal ini sama-sama dimiliki. Untuk sistem transportasi, mereka telah melakukan pengelolaan yang maju. Tetapi sebaliknya dari sisi pemakai transportasi khususnya pengendara sepeda dan motor.

[caption id="attachment_505" align="aligncenter" width="237" caption="Berkendara tanpa helm"][/caption]

Saya tertarik memperhatikan perilaku berkendara khususnya sepeda dan sepeda motor yang menurut saya mereka lebih buruk daripada Jakarta. Jarang saya melihat pengendara motor yang memakai helm, ini sangat membahayakan diri. Mungkin mereka masih belum terlalu menghargai kepala. Lampu merahpun sering diterobos.

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Pengendara bersepeda"][/caption]

Tetapi berbeda dengan Indonesia, transportasi jenis sepeda motor kurang diminati di China. Jumlah pengendara motor tak seheboh Jakarta, bahkan cenderung sedikit. Mereka lebih suka memakai sepeda atau sepeda listrik. Yang menarik, orang China sangat kreatif. Mereka adalah pehobi modifikasi. Sebagian besar sepeda, sepeda listrik maupun motor dimodifikasi sehingga lebih fungsional. Sering berdecak kagum saat melihat pengendara lewat dengan modifikasi yang unik. Seru juga kalau sepeda-sepeda di sini seperti itu.
Penggunaan sepeda semakin marak karena pemerintah menyediakan jalur khusus sepeda yang besar sehingga nyaman untuk dilalui. Bandingkan dengan Jakarta yang memiliki jalur sepeda di Melawai, Jakarta Selatan, tetapi masih jadi satu dengan jalan raya dan sering dilewati bus kota sehingga kurang nyaman untuk dilalui. Jalur sepeda ini kalau di Jakarta adalah jalur lambat, yakni terletak di sisi paling pinggir jalan raya. Bedanya, jalur lambat di Jakarta dipenuhi oleh bus kota dan sepeda motor. Di China, bus kota tetap berada di jalur utama jalan raya.
Sedikitnya pengendara sepeda motor di China kemungkinan juga ditunjang oleh transportasi umum yang bagus. Mereka memiliki jaringan kereta api yang memadai, bus kota yang nyaman dan airport yang megah. Standard kota besar dunia. Seperti halnya Jakarta, di China khususnya Beijing juga terdapat busway. Tetapi tidak memakai jalur atau koridor tersendiri yang memakan badan jalan, busway di Beijing mengikuti jalan pada umumnya sehingga kendaraan lain tetap bisa melalui. Busway di China memakai tenaga listrik yang diklaim lebih hemat. Ini berpengaruh pada ongkos yang dikenakan kepada konsumen. Menurut tour leader kami, tariff naik busway di China katanya hanya 4 sen atau sekitar Rp 600. Sangat murah jika dibandingkan dengan busway kita yang memberi tariff Rp 3.500 sekali jalan.
Sementara itu untuk kereta api lebih maju lagi. Di perkotaan ada kereta MRT yang cepat dan murah. Sementara untuk menghubungkan antar daerah juga sudah tersedia jalur kereta yang memadai. China termasuk getol dalam membangun jalur kereta api bahkan katanya sudah menghubungkan seluruh propinsi di China. Membuat China memiliki jalur kereta terpanjang di dunia. Mereka juga concern dalam teknologi kereta. Kereta super cepat tidak lagi di Jepang, tetapi China. Saya beruntung telah mencobanya yakni kereta api di Maglev yang diklaim tercepat di dunia dengan kecepatan sampai 431 km/jam. Di sinilah kami mengetes kemampuan teknologi LTE yang diprakarsai oleh Huawei. Dengan jarak sekitar 30 km hanya menempuh waktu 7 menit. Kereta api Maglev memakai teknologi Jerman. Dan dalam waktu singkat, mereka juga telah mengembangkan kereta api super cepat sendiri yang menghubungkan Shanghai dan Beijing. Sayangnya beberapa waktu lalu ada kabar kecelakaan yang menewaskan puluhan orang.
Karena terbatasnya waktu, saya tidak sempat menjajal moda transportasi bus kota dan MRT. Selama lima hari di China, untuk pergi kemana-mana dalam satu kota memakai bus pariwisata yang telah disediakan. Menariknya, bus yang saya tumpangi di Shanghai memakai iPad untuk navigasi GPS dan di Shenzen memakai tablet yang saya lupa mereknya. Keren sekali!
Hanya lima hari di China, sangat kurang apalagi kota yang dituju ada tiga. Sekembalinya ke Jakarta, saya dihadapkan lagi dengan realita kemacetan. Jakarta adalah contoh buruk kota besar yang penanganan transportasinya berantakan. Tiap hari, baik workdays maupun weekend, kemacetan adalah pemandangan yang lumrah. Masalah kemacetan ini sudah berulang kali dimuat di berbagai media massa baik elektronik maupun cetak. Data-data pendukungnya lengkap. Pemerintah bukannya menutup mata mengenai masalah ini, mereka sudah berusaha, tetapi memang sangat lamban. Tidak cepat bereaksi dalam perubahan yang cepat. Angin segar muncul. Pemerintah sedang menggarap mega proyek transportasi massal kereta api MRT (mass rapid transportation). Tetapi sekarang dalam masa-masa awal pembangunan dan kemungkinan baru tahun 2016-an akan rampung. Masih sangat lama. Padahal kemacetan sudah mencapai titik nadir. Selama beberapa tahun ke depan, masyarakat Jakarta masih akan tersiksa dengan kemacetan tiada henti.

COMMENTS

Nama

#Blue Origin,1,#perfectplacetowork,3,#Review,1,#Roket,1,#Samsung Gear VR,1,#Teknologi,1,#Wearable Devices,1,1000 Buku,2,1000Buku,2,3,2,3D,2,3DS Max,1,3G,3,4G,1,4g Lte,2,500px,2,ABI Research,2,About,1,AC Nielsen,2,Accenture,1,Acer,3,Adita Irawati,1,Adobe,6,Adobe AIR,2,affiliate marketing,2,Agama,2,Agate Studio,2,Ahmad Gaus,1,AirBnB,1,Aksesoris,2,AMOLED,1,Analisis,2,Andrea Hirata,3,Android,80,Android Market,9,Android Photography,2,Antivirus,3,Aplikasi,16,Aplikasi Navigasi,1,Aplikasi Untuk Nelayan,1,App Store,13,Apple,20,Application,1,Apps,2,arsitektur,2,Artificial Intelligence,1,Asus,3,augmented reality,1,Auto White Balance,1,AutoCAD,1,Autodesk,2,Autographer,2,Avast,1,Axis,4,Ayu Utami,1,Bakrie Telecom,2,Bali,6,Bangkok,2,BBM,1,belajar fotografi,2,Bengawan,2,Bentang Pustaka,1,berita fotografi,2,Best Shot,2,Better-B,1,BHI,6,Bilangan Fu,2,Bill Gates,2,Biografi,5,Bisnis,17,BlackBerry,14,BlackBerry 10,1,BlackBerry Jam Asia,2,BlackBerry Z10,1,Blog,2,Blogdetik,2,blogger,11,Blogger Peduli,2,Bloggers for Bangsari,2,Blogospjere,1,Books,2,bridge,2,Browser,2,Bsd City,1,Buku Fotografi,4,Bunderan HI,2,Burst Mode,2,Caleg,2,CameraSim,2,CameraSIM for ipad,2,CameraSIM for iPhone,2,Candid,2,Canon,7,Canon EOS,1,Canon EOS 6D,2,Carl Zeiss,2,CDMA,1,Cgi,1,Chatbots,1,Chatzbro,1,Chrome,2,CIMB Niaga,1,Cipinang,1,City Lens,2,Cityscape,2,Cloud computing,3,Cloudy,1,CMOS,2,Cmos Full Frame,1,CMOS full-frame,1,Coast,1,Coffee,2,Content Marketing,1,coolpix S800c,1,Corel Draw,1,Creative Writing,1,Crowdsourcing,2,Dagdigug,2,Dahlan Iskan,2,Daily Social,2,Dakota,2,Daylight,2,Dell,3,Desain Grafis,4,Developer,4,Developer Economics 2013,2,Dian Sastro,2,digital imaging,2,Digital Life,1,Digital Media,1,Digital Parenting,2,digital payment,2,Dion Alexander Nugraha,1,Dolby Mobile,1,DSLR,8,Dual Camera,1,Dual View,2,DyCode,1,E Money,2,e-commerce,5,e-money,2,Ebconnection,1,Edensor,2,edit foto sendiri,2,Editorial,2,Education,4,Ekonomi,1,Elex Media Komputindo,13,Entrepeneur,1,Ericsson,2,Event,4,evolusi fotografi,2,Excelcomindo Pratama,2,Facebook,27,Facebook Ads,1,Fastlane,2,Featured,105,Features,1,Fennec,1,Film Reviews,1,Filterstorm,2,Firefox,2,Flash,1,Flickr,11,Fluoerescent,1,foto jurnalistik,4,fotodroids,2,Fotofestafet,2,Fotografer,4,Fotografi,10,fotograger robot,2,Friendster,1,Froyo,1,Fujifilm,4,Full HD,1,Gadget,4,Gagasan,1,Galaxy S,1,Galaxy Tab,4,Galeri,13,Game,3,gang family,2,Gesang,2,gesture recognition,2,Gingerbread,1,Gmail,1,Gnu,1,Goenawan Mohamad,2,Google,13,Google Gears,1,Google Maps,1,Google Mini,1,Google Search Appliance,1,Google Talk,1,Gorilla glass,2,Gpl,1,GPS,1,Gramedia,2,Grasindo,1,GSM,3,GSMA,1,Haki,1,handphone terbaru 2012,2,Hardy Heron,1,Hasil Foto,7,HCPT,2,HDR,10,HDR Arts,2,Headlines,2,Heartbleed,2,Here Maps,2,Hermawan Kertajaya,1,Herry Nurdi,1,high dynamic range,2,high speed camera,1,high speed photography,2,Hijup,1,Hitech,1,Honeycomb,1,HT Mobile,2,HTC,26,HTC Android,1,HTC One,6,htc one s,4,HTC Sense,1,Huawei,4,Human Interest,4,Ice House,2,Iconia,1,idblognetwork,2,Igop,1,Igos,2,IM3,4,Indo Pos,2,Indobackpacker,2,Indonesia,2,Indonesia Business Today,2,Indosat,6,Infografis,10,infographic,4,Inisiatif,2,Inovasi,4,instacanvas,2,Instagram,40,Instagram Handbook,1,Instagram URL,2,Instagram Web Profiles,2,Intermezzo,51,Internet,8,Internet Explorer,1,Internet of Things,2,iOS,21,iPad,23,iPhone,27,iPhone 4,2,iPhone 4S,3,iphonesia,2,iPod,1,iPod touch,6,Iron Man,1,Islam,6,istiqlal,2,iStock Photo,2,Jaiku,2,Jaringan,1,Jenghiz Khan,1,Jenny Tomlin,1,Joomla,1,jurnalisme,1,Kabel Charger,1,Kabel Data,1,Kamera,1,Kamera 3D,2,kamera android,2,kamera canggih,2,kamera full frame,2,kamera keren,2,kamera ponsel,1,kamera terbaru 2012,1,Kamera Unik,2,Kampanye,2,Kapan Lagi,2,Kaskus,2,Kepulauan Seribu,2,Kevin Systrom,1,Kominfo,2,kompas,1,Komputer,8,Komunitas,3,Kontes Foto,4,Kontributor,2,kopdar,2,Krakatau,2,Krakatu,2,Kronologger,2,kurban,2,Kyocera,1,Landscape,2,Laptop,2,Laskar Pelangi,4,Laut Nusantara,1,Lebaran,6,Legislatif,2,Lentera Dipantara,1,LG,6,LG Optimus G,1,li wei,2,Lightbox,4,Lingkar Pena,2,Linux,4,LTE,4,Lumia,2,Lumix,2,Luna Maya,1,M2M,2,Mac OS X,1,Machine to Machine,2,Maemo,1,Magic Frame,2,Magnoffee,2,Magnum,2,Majalah Selular,2,Manajemen,1,Marketing,1,Marting Lings,1,Maryamah Karpov,2,MasterCard,3,MasterPass,3,memoto,2,Memoto Lifelogging camera,1,Mentari,2,Mfish,1,Microsoft,11,Mike Krieger,1,Millenial,1,Mito,1,Mobile 8,1,mobile payment,2,mobile photography,4,Mobile-8,1,Mohammad Jeprie,1,Molome,3,Motivasi,1,Movie,6,Mozilla,3,Mozilla Firefox,1,Mozilla Party,1,Mudik,5,Muh Budi Setiawan,2,Muhammad,1,muktamar blogger,6,Myspace,1,Mytubo,2,N86,1,Nao robot,2,Nationalism,4,Netizen,72,New Asha Platform,2,New Media,1,New Wave Marketing,1,News,4,Nexian,1,Nextbit Robin,2,Nexus,4,NFC,2,Nightlife,2,Nikon,5,Nokia,17,Nokia 1,1,nokia 808 pureview,1,Nokia Asha 501,2,Nokia Lumia,3,Nokia Maps,2,Nokia Siemens Network,1,Nokia Siemens Networks,1,Nokia Xpress Browser,2,Nokia Xpress Now,2,Norton,3,Norton 360 Multi Devices,2,Notebook,2,Novel,5,NSN,1,NTS,2,Obama,2,Olympus,7,Omnia,1,Online Shop,1,Onno,2,Open Source,5,Opera,3,Opini,24,Oppo,1,Optimal Image Stabilizer,2,Ovi,1,Panasonic,6,Panorama,4,Parenting,2,Parking,1,Path,1,PB2008,2,Pemilu 2009,2,Pendidikan,1,Pengembangan Diri,1,pesta blogger,4,Photo Editing,2,Photo Essay,3,photo sharing,4,Photo Studio,2,Photo Wizard,1,photoBot,1,Photography,4,Photography From My Eyes,2,photography history,1,Photojojo,1,Photoshop,5,photovine,1,Picasa,2,PicFrame,1,Picplz,5,PicsArt,2,PicSay,2,PicSay Pro,1,Pinstagram,1,Pixlr,1,Pixlromatic,1,Play Store,1,Plaza Indonesia,2,Plurk,2,point of interest,1,Polaroid,3,Politics,3,Politik,2,Ponsel,1,ponsel android terbaru,1,Posman Sitohang,1,Pramoedya,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Preview,9,Preview Kamera,2,Prima Infosarana Media,1,Prism,1,Profile,1,Pulau Tidung,2,Qualcomm,3,Realme,1,Rekening Ponsel,2,Rekomendasi,7,Religia,6,Republika,1,Resensi,4,Review,21,Review Gadget,1,Review HTC One S,1,Review Kamera,8,Rhonda Byrne,1,Ridwan Sanjaya,1,RIM,4,robot photographer,1,Roman,3,RPM Konten Multimedia,2,RSS,1,Ruang Analisis,6,Ruang Aplikasi,19,Ruang Berita,15,Ruang Kamera,2,Ruang Panduan,3,Ruang Uji,16,Sabili,1,Sampoerna,1,Samsung,33,Samsung Forum,2,Samsung Galaxy Camera,2,samsung galaxy note,1,Samsung Galaxy S4,1,Samsung Galaxy S6,2,Samsung Galaxy Tab A,1,Sang Pemimpi,1,Searching,1,Security,3,Sejarah,1,sejarah fotografi,1,Sekolah,2,Selebritis,1,Selfie,2,Selular,8,Serambi,1,Services,8,Shade,1,Shutterstock,1,Simpati,2,simulator kamera DSLR,2,SkyDrive,1,Skype,1,Smart Camera,1,Smart Home,1,Smart Tags,1,Smart Telecom,1,Smartphone,24,Smartphone Indonesia,1,Snapdragon,2,Snapseed,1,Social Media,5,Social Networking,1,Society,4,Solo,2,Sony,12,Sony Ericsson,5,Sony Xperia Z,1,startup,9,Startup Lokal,3,Statigram,1,Steve Jobs,2,steve mccurry,2,Streamzoo,2,Stuck On Earth,1,Sunda Kelapa,1,Sunset,4,Super AMOLED,1,Survei Kamera,2,Swype,1,Symantec,4,Symbian,6,Tablet,10,Takudar Khan,1,Technology,2,Techpolitan,1,Teknologi,27,Teknologi dan Telekomunikasi,16,Telecommunication,8,Telekomunikasi,20,Telekomunikasi Indonesia,1,Telkom,1,Telkomsel,14,Telkomunikasi,2,Tere Liye,1,Test Drive,1,Texas Instrument,1,The Secret,1,Three,1,Tiga Serangkai,1,Timescape,1,Tips,14,tips edit foto,1,Tips Fotografi,11,TipsFoto,2,Torch,1,Toshiba,1,TouchWiz,1,toucretouch,1,Transportasi,7,Traveling,11,Trend Fotografi,2,Tungsten,1,Tweetdeck,1,Twitter,10,Uber,2,Ubuntu,1,Ultra Pixel,2,Valentine,2,Vlogs,1,VMware,8,Vox,1,Wahana Komputer,1,Waze,1,Web 2.0,1,Webstagram,1,White Balance,1,Wi-Fi,2,Windows,1,Windows Mobile,2,Windows Phone,6,XL,6,XL Axiata,4,XL SmartBuy,2,Xmor R,1,Xperia,2,yahoo,2,YouTube,2,Yuyung Abdi,1,ZTE,2,
ltr
item
mrbambang: Membandingkan Transportasi Indonesia dengan China
Membandingkan Transportasi Indonesia dengan China
http://mrbambang.files.wordpress.com/2011/08/09-membonceng-ibu.jpg?w=300
http://farm7.static.flickr.com/6014/5966457166_de3aa7f3e6_t.jpg
mrbambang
https://mrbambangblog.blogspot.com/2011/08/membandingkan-transportasi-indonesia.html
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/2011/08/membandingkan-transportasi-indonesia.html
true
1307657475298993394
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy