Developer Economics 2013: Tentang Platform Pilihan Developer

[caption id=”attachment_645" align=”aligncenter” width=”604"] Developer Ecnomics 2013[/caption] Seperti apa lanskap industri aplik...

[caption id=”attachment_645" align=”aligncenter” width=”604"]


Developer Ecnomics 2013[/caption]

Seperti apa lanskap industri aplikasi mobile di Tahun 2012? Firma analis Vision Mobile baru saja merilis dengan detail hasil survei dalam laporan tahunan bertajuk “Developer Economics 2013″. Survei ini melibatkan responden sebanyak 3.460 developer yang tersebar di 95 negara mencakup kawasan Amerika Utara, Eropa dan Asia. Pengumpulan data dilakukan secara online dalam rentang waktu lima waktu antara Oktober dan November 2012. Selain itu juga wawancara langsung untuk menggali insight lebih dalam.

Lembaga tersebut menyatakan bahwa laporan fokus pada tools developer yang mencakup enam sektor: ad-networks dan mesin mediasi, backend-as-a-services, tools lintas platform, jaringan lintas promosi, user analytics, dan layanan suara. Laporan ini berisi insight yang menarik mengenai mind share pengembang, pendapatan dan platform utama.

Vision Mobile membuka laporannya dengan menyoroti kondisi di industri mobile. Meskipun beberapa produsen ponsel mengalami masa-masa suram, pertumbuhan industri relatif stabil dengan CAGR (compound annual growth rate) mencapai 23% pada pendapatan sejak tahun 2009. Yang mendasari pertumbuhan ini adalah meningkatnya penjualan smartphone dengan nilai lebih dari 40% dari seluruh penjualan handset. Selain itu juga didorong oleh perangkat Android murah yang dengan cepat memakan pangsa pasar feature phone.

Fenomena duopoli juga tak luput dari pengamatan. Hal ini karena vendor yang bermain di industri mobile cukup banyak, tetapi saat ini yang mendominasi hanya ada dua. Platform mobile dikuasai oleh Apple (iOS) dan Google (Android), yang telah mengapalkan sebanyak 700 juta smartphone pada tahun 2012. Duopoli juga terjadi pada produsen handset yaitu Samsung dan Apple, yang jika dikombinasikan pangsa pasarnya sebesar 46%, dan menyumbang 98% dari keuntungan industri handset untuk produsen handset 8 besar.

[caption id=”attachment_646" align=”aligncenter” width=”500"]


Developers Economics 2013: Handset growing[/caption]

Duopoli ini secara tidak langsung mempengaruhi preferensi devoper untuk mengembangkan aplikasinya. Disebutkan bahwa 72% mindshare developer mengembangkan aplikasi di platform Android. Dan sebanyak 56% membuat aplikasi untuk platform iOS. Besarnya angka di Android ini disebabkan oleh masuknya sebagian besar developer dari Asia yang menunjukkan preferensi jelas terhadap Android. Meski demikian, sebagian besar pengembang juga berniat mengadopsi Windows Phone (47%) dan BlackBerry 10 (15%) yang menunjukkan bahwa masih ada minat pada ekosistem aplikasi lain yang layak.

Menariknya, HTML justru menjadi pilihan paling populer ketiga di kalangan pengembang mobile. 50% di antaranya menggunakan teknologi berbasis HTML sebagai platform penyebaran (untuk membuat aplikasi mobile web) atau sebagai platform pengembangan (untuk membuat aplikasi hybrid maupun kode HTML yang diterjemahkan dalam aplikasi native).

Secara keseluruhan, HTML dianggap jauh lebih sukses sebagai teknologi, bukan platform. Lahirnya sistem operasi baru Firefox OS akan menjadi web sentris utama untuk menciptakan alternatif yang lengkap dari iOS dan Android. Sudah banyak yang mengembangkan aplikasi berbasis HTML5, terutama kategori Bisnis & Produktivitas, Enterprise dan Media. Untuk bersaing dengan platform native, HTML5 diharapkan memiliki akses API native, lingkungan pembangunan, dan dukungan debugging yang lebih baik.

Laporan ini juga memberikan insight mengenai pendapatan developer.Sebagai akibat dari duopoli, 74% dari pengembang menggunakan platform 2 + secara bersamaan, tapi uang terkonsentrasi di iOS / Android. Sebanyak 80% dari responden mengembangkan untuk Android, iOS atau keduanya. Mengenai prioritas, kebanyakan memilih iOS sebagai yang pertama dan Android di prioritas berikutnya. Nah, bagi yang tidak mengembangkan salah satu dari dua platform tersebut, rata-rata penghasilannya adalah setengah dari revenue developer yang menggunakan dua platform tersebut. Hal ini semakin mempertegas konsentrasi kekuasaan dalam dua ekosistem utama.

Mengenai model bisnis, sekarang iklan adalah model pendapatan yang paling populer untuk aplikasi. Sedikitnya 38% dari pengembang memilih pemasangan iklan pada aplikasinya untuk memperoleh pendapatan. Google Admob menjadi platform iklan paling populer yang diadopsi lebih dari 65%. Di sisi lain, sistem in-app purchase dan Freemium mulai meningkat, tumbuh 50% dibanding tahun survei tahun sebelumnya dan digunakan lebihdari seperempat developer. Khusus di iOS, in-app purchase merupakan pendapatan paling populer kedua, yang dipakai 37% pengembang.

Dalam hal monetisasi, pengembang telah banyak meningkatkan perencanaan bisnis aplikasinya. Sebanyak 49% dari pengembang mengakui pada awalnya membangun aplikasi yang digunakan sendiri, tapi akhirnya paling menghasilkan pendapatan. Strategi yang paling menghasilkan pendapatan adalah mereka yang memperluas sebuah aplikasi baik ke vertikal atau geografi yang berbeda. Sampai batas tertentu, strategi ini bergantung pada aplikasi yang sudah mapan dan sukses, yaitu yang telah dicoba dan dibuktikan dalam setidaknya salah satu pasar.

Lembaga riset ini juga mencatat temuan yang menarik, yaitu hanya 24% developer yang merancang aplikasinya berdasarkan diskusi dengan pengguna. Angka ini tidak beruhan dengan pengalaman pengembangan dan kemahiran. Hal ini menunjukkan bahwa hambatan dari siklus build-measure-learn dari pengembangan adalah mengukur atau memahami pelanggan. Padahal feedback dua arah ini diperlukan untuk menghilangkan friksi antara developer dan user. Masih banyak lagi hasil riset yang ditemukan di laporan setebal 60 halaman ini. Jika ingin mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengunduhnya di situs Vision Mobile.

/* keterangan: artikel ini sudah saya muat di Daily Social

COMMENTS

Nama

#Blue Origin,1,#perfectplacetowork,3,#Review,1,#Roket,1,#Samsung Gear VR,1,#Teknologi,1,#Wearable Devices,1,1000 Buku,2,1000Buku,2,3,2,3D,2,3DS Max,1,3G,3,4G,1,4g Lte,2,500px,2,ABI Research,2,About,1,AC Nielsen,2,Accenture,1,Acer,3,Adita Irawati,1,Adobe,6,Adobe AIR,2,affiliate marketing,2,Agama,2,Agate Studio,2,Ahmad Gaus,1,AirBnB,1,Aksesoris,2,AMOLED,1,Analisis,2,Andrea Hirata,3,Android,80,Android Market,9,Android Photography,2,Antivirus,3,Aplikasi,16,Aplikasi Navigasi,1,Aplikasi Untuk Nelayan,1,App Store,13,Apple,20,Application,1,Apps,2,arsitektur,2,Artificial Intelligence,1,Asus,3,augmented reality,1,Auto White Balance,1,AutoCAD,1,Autodesk,2,Autographer,2,Avast,1,Axis,4,Ayu Utami,1,Bakrie Telecom,2,Bali,6,Bangkok,2,BBM,1,belajar fotografi,2,Bengawan,2,Bentang Pustaka,1,berita fotografi,2,Best Shot,2,Better-B,1,BHI,6,Bilangan Fu,2,Bill Gates,2,Biografi,5,Bisnis,17,BlackBerry,14,BlackBerry 10,1,BlackBerry Jam Asia,2,BlackBerry Z10,1,Blog,2,Blogdetik,2,blogger,11,Blogger Peduli,2,Bloggers for Bangsari,2,Blogospjere,1,Books,2,bridge,2,Browser,2,Bsd City,1,Buku Fotografi,4,Bunderan HI,2,Burst Mode,2,Caleg,2,CameraSim,2,CameraSIM for ipad,2,CameraSIM for iPhone,2,Candid,2,Canon,7,Canon EOS,1,Canon EOS 6D,2,Carl Zeiss,2,CDMA,1,Cgi,1,Chatbots,1,Chatzbro,1,Chrome,2,CIMB Niaga,1,Cipinang,1,City Lens,2,Cityscape,2,Cloud computing,3,Cloudy,1,CMOS,2,Cmos Full Frame,1,CMOS full-frame,1,Coast,1,Coffee,2,Content Marketing,1,coolpix S800c,1,Corel Draw,1,Creative Writing,1,Crowdsourcing,2,Dagdigug,2,Dahlan Iskan,2,Daily Social,2,Dakota,2,Daylight,2,Dell,3,Desain Grafis,4,Developer,4,Developer Economics 2013,2,Dian Sastro,2,digital imaging,2,Digital Life,1,Digital Media,1,Digital Parenting,2,digital payment,2,Dion Alexander Nugraha,1,Dolby Mobile,1,DSLR,8,Dual Camera,1,Dual View,2,DyCode,1,E Money,2,e-commerce,5,e-money,2,Ebconnection,1,Edensor,2,edit foto sendiri,2,Editorial,2,Education,4,Ekonomi,1,Elex Media Komputindo,13,Entrepeneur,1,Ericsson,2,Event,4,evolusi fotografi,2,Excelcomindo Pratama,2,Facebook,27,Facebook Ads,1,Fastlane,2,Featured,105,Features,1,Fennec,1,Film Reviews,1,Filterstorm,2,Firefox,2,Flash,1,Flickr,11,Fluoerescent,1,foto jurnalistik,4,fotodroids,2,Fotofestafet,2,Fotografer,4,Fotografi,10,fotograger robot,2,Friendster,1,Froyo,1,Fujifilm,4,Full HD,1,Gadget,4,Gagasan,1,Galaxy S,1,Galaxy Tab,4,Galeri,13,Game,3,gang family,2,Gesang,2,gesture recognition,2,Gingerbread,1,Gmail,1,Gnu,1,Goenawan Mohamad,2,Google,13,Google Gears,1,Google Maps,1,Google Mini,1,Google Search Appliance,1,Google Talk,1,Gorilla glass,2,Gpl,1,GPS,1,Gramedia,2,Grasindo,1,GSM,3,GSMA,1,Haki,1,handphone terbaru 2012,2,Hardy Heron,1,Hasil Foto,7,HCPT,2,HDR,10,HDR Arts,2,Headlines,2,Heartbleed,2,Here Maps,2,Hermawan Kertajaya,1,Herry Nurdi,1,high dynamic range,2,high speed camera,1,high speed photography,2,Hijup,1,Hitech,1,Honeycomb,1,HT Mobile,2,HTC,26,HTC Android,1,HTC One,6,htc one s,4,HTC Sense,1,Huawei,4,Human Interest,4,Ice House,2,Iconia,1,idblognetwork,2,Igop,1,Igos,2,IM3,4,Indo Pos,2,Indobackpacker,2,Indonesia,2,Indonesia Business Today,2,Indosat,6,Infografis,10,infographic,4,Inisiatif,2,Inovasi,4,instacanvas,2,Instagram,40,Instagram Handbook,1,Instagram URL,2,Instagram Web Profiles,2,Intermezzo,51,Internet,8,Internet Explorer,1,Internet of Things,2,iOS,21,iPad,23,iPhone,27,iPhone 4,2,iPhone 4S,3,iphonesia,2,iPod,1,iPod touch,6,Iron Man,1,Islam,6,istiqlal,2,iStock Photo,2,Jaiku,2,Jaringan,1,Jenghiz Khan,1,Jenny Tomlin,1,Joomla,1,jurnalisme,1,Kabel Charger,1,Kabel Data,1,Kamera,1,Kamera 3D,2,kamera android,2,kamera canggih,2,kamera full frame,2,kamera keren,2,kamera ponsel,1,kamera terbaru 2012,1,Kamera Unik,2,Kampanye,2,Kapan Lagi,2,Kaskus,2,Kepulauan Seribu,2,Kevin Systrom,1,Kominfo,2,kompas,1,Komputer,8,Komunitas,3,Kontes Foto,4,Kontributor,2,kopdar,2,Krakatau,2,Krakatu,2,Kronologger,2,kurban,2,Kyocera,1,Landscape,2,Laptop,2,Laskar Pelangi,4,Laut Nusantara,1,Lebaran,6,Legislatif,2,Lentera Dipantara,1,LG,6,LG Optimus G,1,li wei,2,Lightbox,4,Lingkar Pena,2,Linux,4,LTE,4,Lumia,2,Lumix,2,Luna Maya,1,M2M,2,Mac OS X,1,Machine to Machine,2,Maemo,1,Magic Frame,2,Magnoffee,2,Magnum,2,Majalah Selular,2,Manajemen,1,Marketing,1,Marting Lings,1,Maryamah Karpov,2,MasterCard,3,MasterPass,3,memoto,2,Memoto Lifelogging camera,1,Mentari,2,Mfish,1,Microsoft,11,Mike Krieger,1,Millenial,1,Mito,1,Mobile 8,1,mobile payment,2,mobile photography,4,Mobile-8,1,Mohammad Jeprie,1,Molome,3,Motivasi,1,Movie,6,Mozilla,3,Mozilla Firefox,1,Mozilla Party,1,Mudik,5,Muh Budi Setiawan,2,Muhammad,1,muktamar blogger,6,Myspace,1,Mytubo,2,N86,1,Nao robot,2,Nationalism,4,Netizen,72,New Asha Platform,2,New Media,1,New Wave Marketing,1,News,4,Nexian,1,Nextbit Robin,2,Nexus,4,NFC,2,Nightlife,2,Nikon,5,Nokia,17,Nokia 1,1,nokia 808 pureview,1,Nokia Asha 501,2,Nokia Lumia,3,Nokia Maps,2,Nokia Siemens Network,1,Nokia Siemens Networks,1,Nokia Xpress Browser,2,Nokia Xpress Now,2,Norton,3,Norton 360 Multi Devices,2,Notebook,2,Novel,5,NSN,1,NTS,2,Obama,2,Olympus,7,Omnia,1,Online Shop,1,Onno,2,Open Source,5,Opera,3,Opini,24,Oppo,1,Optimal Image Stabilizer,2,Ovi,1,Panasonic,6,Panorama,4,Parenting,2,Parking,1,Path,1,PB2008,2,Pemilu 2009,2,Pendidikan,1,Pengembangan Diri,1,pesta blogger,4,Photo Editing,2,Photo Essay,3,photo sharing,4,Photo Studio,2,Photo Wizard,1,photoBot,1,Photography,4,Photography From My Eyes,2,photography history,1,Photojojo,1,Photoshop,5,photovine,1,Picasa,2,PicFrame,1,Picplz,5,PicsArt,2,PicSay,2,PicSay Pro,1,Pinstagram,1,Pixlr,1,Pixlromatic,1,Play Store,1,Plaza Indonesia,2,Plurk,2,point of interest,1,Polaroid,3,Politics,3,Politik,2,Ponsel,1,ponsel android terbaru,1,Posman Sitohang,1,Pramoedya,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Preview,9,Preview Kamera,2,Prima Infosarana Media,1,Prism,1,Profile,1,Pulau Tidung,2,Qualcomm,3,Realme,1,Rekening Ponsel,2,Rekomendasi,7,Religia,6,Republika,1,Resensi,4,Review,21,Review Gadget,1,Review HTC One S,1,Review Kamera,8,Rhonda Byrne,1,Ridwan Sanjaya,1,RIM,4,robot photographer,1,Roman,3,RPM Konten Multimedia,2,RSS,1,Ruang Analisis,6,Ruang Aplikasi,19,Ruang Berita,15,Ruang Kamera,2,Ruang Panduan,3,Ruang Uji,16,Sabili,1,Sampoerna,1,Samsung,33,Samsung Forum,2,Samsung Galaxy Camera,2,samsung galaxy note,1,Samsung Galaxy S4,1,Samsung Galaxy S6,2,Samsung Galaxy Tab A,1,Sang Pemimpi,1,Searching,1,Security,3,Sejarah,1,sejarah fotografi,1,Sekolah,2,Selebritis,1,Selfie,2,Selular,8,Serambi,1,Services,8,Shade,1,Shutterstock,1,Simpati,2,simulator kamera DSLR,2,SkyDrive,1,Skype,1,Smart Camera,1,Smart Home,1,Smart Tags,1,Smart Telecom,1,Smartphone,24,Smartphone Indonesia,1,Snapdragon,2,Snapseed,1,Social Media,5,Social Networking,1,Society,4,Solo,2,Sony,12,Sony Ericsson,5,Sony Xperia Z,1,startup,9,Startup Lokal,3,Statigram,1,Steve Jobs,2,steve mccurry,2,Streamzoo,2,Stuck On Earth,1,Sunda Kelapa,1,Sunset,4,Super AMOLED,1,Survei Kamera,2,Swype,1,Symantec,4,Symbian,6,Tablet,10,Takudar Khan,1,Technology,2,Techpolitan,1,Teknologi,27,Teknologi dan Telekomunikasi,16,Telecommunication,8,Telekomunikasi,20,Telekomunikasi Indonesia,1,Telkom,1,Telkomsel,14,Telkomunikasi,2,Tere Liye,1,Test Drive,1,Texas Instrument,1,The Secret,1,Three,1,Tiga Serangkai,1,Timescape,1,Tips,14,tips edit foto,1,Tips Fotografi,11,TipsFoto,2,Torch,1,Toshiba,1,TouchWiz,1,toucretouch,1,Transportasi,7,Traveling,11,Trend Fotografi,2,Tungsten,1,Tweetdeck,1,Twitter,10,Uber,2,Ubuntu,1,Ultra Pixel,2,Valentine,2,Vlogs,1,VMware,8,Vox,1,Wahana Komputer,1,Waze,1,Web 2.0,1,Webstagram,1,White Balance,1,Wi-Fi,2,Windows,1,Windows Mobile,2,Windows Phone,6,XL,6,XL Axiata,4,XL SmartBuy,2,Xmor R,1,Xperia,2,yahoo,2,YouTube,2,Yuyung Abdi,1,ZTE,2,
ltr
item
mrbambang: Developer Economics 2013: Tentang Platform Pilihan Developer
Developer Economics 2013: Tentang Platform Pilihan Developer
mrbambang
https://mrbambangblog.blogspot.com/2013/02/developer-economics-2013-tentang_11.html
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/2013/02/developer-economics-2013-tentang_11.html
true
1307657475298993394
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy