Ingin Berjualan Online? Pilih Model Bisnis E-Commerce Ini

Ada lima model bisnis yang saat ini diterapkan oleh pelaku bisnis di Indonesia, yaitu situs iklan baris, marketplace, online mall, online st...

Ada lima model bisnis yang saat ini diterapkan oleh pelaku bisnis di Indonesia, yaitu situs iklan baris, marketplace, online mall, online store, dan berjualan di jejaring sosial.

Beberapa tahun terakhir ini, toko online begitu menjamur di Indonesia. Beberapa pemain besar dengan dana berlimpah menggelontorkan iklan besar-besaran di berbagai medium, termasuk televisi. Namun jauh lebih banyak lagi yang berjualan dengan dana terbatas memanfaatkan situs blog maupun jejaring sosial. Seperti yang digeluti oleh Rere (34) yang tinggal di bilangan Mampang, Jakarta Selatan. Kepada Selular, ibu rumah tangga ini sudah bertahun-tahun berjualan aneka pakaian secara online. “Penghasilan bersih saya dalam satu bulan sekitar Rp 4–5 juta. Lumayan sudah seperti gaji kantoran, padahal saya mengelolanya cuma di dalam rumah saja. Bahkan kalau musim lebaran, omzet bisa mencapai Rp 20 juta karena tingginya permintaan,” ujarnya.

Untuk mengoperasikan toko online tersebut, Rere hanya bermodalkan ponsel. Dia memiliki setidaknya lima smartphone untuk mendukung kelancaran usahanya. Dibanding menggelar lapak di situs iklan baris, wanita ini lebih memilih berjualan di jejaring social Facebook dan BBM Group (ada 13 group yang dimilikinya) karena dianggap lebih efektif dan gampang dikelola dari ponsel. Bagaimanapun, setiap penjual memiliki strategi yang berbeda. Tergantung mereka nyaman di mana dan lebih laris menggunakan yang seperti apa.
Dari sekian banyak layanan toko online yang bertebaran di dunia maya, seperti disebutkan di laman TechInAsia.com, setidaknya ada lima model bisnis yang saat ini diterapkan oleh pelaku bisnis di Indonesia. Model bisnis ini juga bisa digunakan sebagai panduan untuk mengetahui lebih jauh, website seperti apa yang lebih cocok digunakan pengguna untuk bisnis jual beli online.

Classified Ads 
Disebut juga sebagai iklan baris, ini adalah model bisnis e-commerce paling sederhana dan dianggap cocok untuk negara-negara berkembang. Pada model ini, website sebagai penyedia layanan hanya berperan menampilkan iklan yang dipasang penjual. Sedangkan transaksi jual-beli dilakukan secara langsung bahkan seringkali terjadi kontak secara offline dengan metode cash on delivery (COD) jika lokasi masih terjangkau. Untuk itu, di setiap listing iklan yang dipasang, biasanya selalu ditampilkan nomor kontak penjual seperti email, nomor ponsel, hingga akun instant messaging. Situs iklan baris seperti ini cocok bagi yang hanya ingin menjual sesekali saja, seperti barang bekas atau barang yang stoknya sedikit. Beberapa situs yang mengadopsi model bisnis ini diantaranya adalah Tokobagus.com, Berniaga.com, dan Forum Jual-beli Kaskus.

Marketplace (Customer to Customer)
Marketplace adalah peningkatan dari model classified yang terlalu sederhana. Format dasarnya sama, yaitu customer to customer (C2C) yang mempertemukan penjual dan pembeli di satu tempat. Bedanya, marketplace tak hanya menampilkan barang-barang yang dijual, tetapi sekaligus memfasilitasi transaksi uang secara online. Dari sisi provider, tentu persiapan membangun situs seperti ini membutuhkan sistem yang lebih kompleks karena harus menyiapkan payment gateway untuk pembayaran. Namun potensi pendapatan juga lebih jelas dan termonitor dengan baik karena biasanya provider meminta fee sekian persen dari nilai transaksi selain dari iklan premium. Situs marketplace seperti ini cocok bagi penjual yang lebih serius dalam berjualan online dan biasanya memiliki jumlah stok barang yang cukup besar. Beberapa situs yang termasuk dalam kategori marketplace diantaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, Lamido Blanja dan Elevenia. 

Online Mall 
Online mall adalah model bisnis yang pada dasarnya serupa dengan marketplace, tetapi tidak sembarangan penjual bisa berjualan di situ. Karena hanya mengijinkan penjual yang sudah memiliki brand terkenal atau reputasi bagus dan harus melewati verifikasi yang ketat. Jika dianalogikan di dunia nyata, marketplace itu seperti pasar tradisional atau bazaar, sedangkan online mall seperti halnya pusat perbelanjaan. Contoh situs yang menerapkan model ini adalah Blanja.com dan Blibli.com.

Online Store (Business to Consumer)
Model toko online ini termasuk yang paling banyak dijumpai dari skala kecil hingga besar. Di sini, penjual atau pemilik produk membangun toko online dengan alamat domain sendiri dan menjualnya langsung ke konsumen. Pada model online store ini, pemilik situs menyiapkan sistem dan layanan dari hulu ke hilir. Mulai dari sistem teknis pembangunan web berisi catalog produk, sistem pembayaran, hingga distribusi produk yang mencakup penyediaan produk dan pengiriman ke konsumen. Keuntungan dari memiliki toko online seperti ini adalah memiliki kebebasan penuh untuk mengelolanya. Anda dapat mengubah jenis tampilan sesukanya, termasuk membuat blog untuk memperkuat SEO toko online yang dimiliki. Beberapa contoh online store yang ada di Indonesia ialah Bhinneka, Lazada, BerryBenka, Bilna, Tiket.com, Hypermart.co.id, Carrefour.co.id, Sukamart.com dan sebagainya. 

Online Shop di Social Media 
Maraknya penggunaan social media di Indonesia tak luput dari perhatian penjual yang jeli untuk berjualan produk. Banyak penjual yang menggunakan Facebook, Instagram dan Twitter untuk mempromosikan barang dagangannya. Selain social media, BlackBerry Messenger juga menjadi tempat yang menjadi favorit untuk berjualan produk. Mereka bisa membangun group yang berisi member potensial atau membuat BBM Channel untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. Penjual yang lebih melek teknologi biasanya juga memanfaatkan situs blog yang dijadikan sebagai etalase untuk menampilkan barang dagangannya. Model seperti ini cocok bagi pengguna yang ingin memiliki toko online sendiri tapi tidak ingin repot dengan berbagai prosedur yang harus diikuti. Pengguna cukup posting produk disertai deskripsi singkat disertai harga. Nanti teman yang tertarik bisa langsung memesan di bagian komentar atau jalur pribadi.


/*
Catatan:
- Artikel ini telah saya publikasikan di Majalah Selular Edisi Mei 2014 dan situs SelularMagz.
- Foto Ilustrasi belanja online, sumber: Getty Images

COMMENTS

Nama

#Blue Origin,1,#perfectplacetowork,3,#Review,1,#Roket,1,#Samsung Gear VR,1,#Teknologi,1,#Wearable Devices,1,1000 Buku,2,1000Buku,2,3,2,3D,2,3DS Max,1,3G,3,4G,1,4g Lte,2,500px,2,ABI Research,2,About,1,AC Nielsen,2,Accenture,1,Acer,3,Adita Irawati,1,Adobe,6,Adobe AIR,2,affiliate marketing,2,Agama,2,Agate Studio,2,Ahmad Gaus,1,AirBnB,1,Aksesoris,2,AMOLED,1,Analisis,2,Andrea Hirata,3,Android,80,Android Market,9,Android Photography,2,Antivirus,3,Aplikasi,16,Aplikasi Navigasi,1,Aplikasi Untuk Nelayan,1,App Store,13,Apple,20,Application,1,Apps,2,arsitektur,2,Artificial Intelligence,1,Asus,3,augmented reality,1,Auto White Balance,1,AutoCAD,1,Autodesk,2,Autographer,2,Avast,1,Axis,4,Ayu Utami,1,Bakrie Telecom,2,Bali,6,Bangkok,2,BBM,1,belajar fotografi,2,Bengawan,2,Bentang Pustaka,1,berita fotografi,2,Best Shot,2,Better-B,1,BHI,6,Bilangan Fu,2,Bill Gates,2,Biografi,5,Bisnis,17,BlackBerry,14,BlackBerry 10,1,BlackBerry Jam Asia,2,BlackBerry Z10,1,Blog,2,Blogdetik,2,blogger,11,Blogger Peduli,2,Bloggers for Bangsari,2,Blogospjere,1,Books,2,bridge,2,Browser,2,Bsd City,1,Buku Fotografi,4,Bunderan HI,2,Burst Mode,2,Caleg,2,CameraSim,2,CameraSIM for ipad,2,CameraSIM for iPhone,2,Candid,2,Canon,7,Canon EOS,1,Canon EOS 6D,2,Carl Zeiss,2,CDMA,1,Cgi,1,Chatbots,1,Chatzbro,1,Chrome,2,CIMB Niaga,1,Cipinang,1,City Lens,2,Cityscape,2,Cloud computing,3,Cloudy,1,CMOS,2,Cmos Full Frame,1,CMOS full-frame,1,Coast,1,Coffee,2,Content Marketing,1,coolpix S800c,1,Corel Draw,1,Creative Writing,1,Crowdsourcing,2,Dagdigug,2,Dahlan Iskan,2,Daily Social,2,Dakota,2,Daylight,2,Dell,3,Desain Grafis,4,Developer,4,Developer Economics 2013,2,Dian Sastro,2,digital imaging,2,Digital Life,1,Digital Media,1,Digital Parenting,2,digital payment,2,Dion Alexander Nugraha,1,Dolby Mobile,1,DSLR,8,Dual Camera,1,Dual View,2,DyCode,1,E Money,2,e-commerce,5,e-money,2,Ebconnection,1,Edensor,2,edit foto sendiri,2,Editorial,2,Education,4,Ekonomi,1,Elex Media Komputindo,13,Entrepeneur,1,Ericsson,2,Event,4,evolusi fotografi,2,Excelcomindo Pratama,2,Facebook,27,Facebook Ads,1,Fastlane,2,Featured,105,Features,1,Fennec,1,Film Reviews,1,Filterstorm,2,Firefox,2,Flash,1,Flickr,11,Fluoerescent,1,foto jurnalistik,4,fotodroids,2,Fotofestafet,2,Fotografer,4,Fotografi,10,fotograger robot,2,Friendster,1,Froyo,1,Fujifilm,4,Full HD,1,Gadget,4,Gagasan,1,Galaxy S,1,Galaxy Tab,4,Galeri,13,Game,3,gang family,2,Gesang,2,gesture recognition,2,Gingerbread,1,Gmail,1,Gnu,1,Goenawan Mohamad,2,Google,13,Google Gears,1,Google Maps,1,Google Mini,1,Google Search Appliance,1,Google Talk,1,Gorilla glass,2,Gpl,1,GPS,1,Gramedia,2,Grasindo,1,GSM,3,GSMA,1,Haki,1,handphone terbaru 2012,2,Hardy Heron,1,Hasil Foto,7,HCPT,2,HDR,10,HDR Arts,2,Headlines,2,Heartbleed,2,Here Maps,2,Hermawan Kertajaya,1,Herry Nurdi,1,high dynamic range,2,high speed camera,1,high speed photography,2,Hijup,1,Hitech,1,Honeycomb,1,HT Mobile,2,HTC,26,HTC Android,1,HTC One,6,htc one s,4,HTC Sense,1,Huawei,4,Human Interest,4,Ice House,2,Iconia,1,idblognetwork,2,Igop,1,Igos,2,IM3,4,Indo Pos,2,Indobackpacker,2,Indonesia,2,Indonesia Business Today,2,Indosat,6,Infografis,10,infographic,4,Inisiatif,2,Inovasi,4,instacanvas,2,Instagram,40,Instagram Handbook,1,Instagram URL,2,Instagram Web Profiles,2,Intermezzo,51,Internet,8,Internet Explorer,1,Internet of Things,2,iOS,21,iPad,23,iPhone,27,iPhone 4,2,iPhone 4S,3,iphonesia,2,iPod,1,iPod touch,6,Iron Man,1,Islam,6,istiqlal,2,iStock Photo,2,Jaiku,2,Jaringan,1,Jenghiz Khan,1,Jenny Tomlin,1,Joomla,1,jurnalisme,1,Kabel Charger,1,Kabel Data,1,Kamera,1,Kamera 3D,2,kamera android,2,kamera canggih,2,kamera full frame,2,kamera keren,2,kamera ponsel,1,kamera terbaru 2012,1,Kamera Unik,2,Kampanye,2,Kapan Lagi,2,Kaskus,2,Kepulauan Seribu,2,Kevin Systrom,1,Kominfo,2,kompas,1,Komputer,8,Komunitas,3,Kontes Foto,4,Kontributor,2,kopdar,2,Krakatau,2,Krakatu,2,Kronologger,2,kurban,2,Kyocera,1,Landscape,2,Laptop,2,Laskar Pelangi,4,Laut Nusantara,1,Lebaran,6,Legislatif,2,Lentera Dipantara,1,LG,6,LG Optimus G,1,li wei,2,Lightbox,4,Lingkar Pena,2,Linux,4,LTE,4,Lumia,2,Lumix,2,Luna Maya,1,M2M,2,Mac OS X,1,Machine to Machine,2,Maemo,1,Magic Frame,2,Magnoffee,2,Magnum,2,Majalah Selular,2,Manajemen,1,Marketing,1,Marting Lings,1,Maryamah Karpov,2,MasterCard,3,MasterPass,3,memoto,2,Memoto Lifelogging camera,1,Mentari,2,Mfish,1,Microsoft,11,Mike Krieger,1,Millenial,1,Mito,1,Mobile 8,1,mobile payment,2,mobile photography,4,Mobile-8,1,Mohammad Jeprie,1,Molome,3,Motivasi,1,Movie,6,Mozilla,3,Mozilla Firefox,1,Mozilla Party,1,Mudik,5,Muh Budi Setiawan,2,Muhammad,1,muktamar blogger,6,Myspace,1,Mytubo,2,N86,1,Nao robot,2,Nationalism,4,Netizen,72,New Asha Platform,2,New Media,1,New Wave Marketing,1,News,4,Nexian,1,Nextbit Robin,2,Nexus,4,NFC,2,Nightlife,2,Nikon,5,Nokia,17,Nokia 1,1,nokia 808 pureview,1,Nokia Asha 501,2,Nokia Lumia,3,Nokia Maps,2,Nokia Siemens Network,1,Nokia Siemens Networks,1,Nokia Xpress Browser,2,Nokia Xpress Now,2,Norton,3,Norton 360 Multi Devices,2,Notebook,2,Novel,5,NSN,1,NTS,2,Obama,2,Olympus,7,Omnia,1,Online Shop,1,Onno,2,Open Source,5,Opera,3,Opini,24,Oppo,1,Optimal Image Stabilizer,2,Ovi,1,Panasonic,6,Panorama,4,Parenting,2,Parking,1,Path,1,PB2008,2,Pemilu 2009,2,Pendidikan,1,Pengembangan Diri,1,pesta blogger,4,Photo Editing,2,Photo Essay,3,photo sharing,4,Photo Studio,2,Photo Wizard,1,photoBot,1,Photography,4,Photography From My Eyes,2,photography history,1,Photojojo,1,Photoshop,5,photovine,1,Picasa,2,PicFrame,1,Picplz,5,PicsArt,2,PicSay,2,PicSay Pro,1,Pinstagram,1,Pixlr,1,Pixlromatic,1,Play Store,1,Plaza Indonesia,2,Plurk,2,point of interest,1,Polaroid,3,Politics,3,Politik,2,Ponsel,1,ponsel android terbaru,1,Posman Sitohang,1,Pramoedya,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Preview,9,Preview Kamera,2,Prima Infosarana Media,1,Prism,1,Profile,1,Pulau Tidung,2,Qualcomm,3,Realme,1,Rekening Ponsel,2,Rekomendasi,7,Religia,6,Republika,1,Resensi,4,Review,21,Review Gadget,1,Review HTC One S,1,Review Kamera,8,Rhonda Byrne,1,Ridwan Sanjaya,1,RIM,4,robot photographer,1,Roman,3,RPM Konten Multimedia,2,RSS,1,Ruang Analisis,6,Ruang Aplikasi,19,Ruang Berita,15,Ruang Kamera,2,Ruang Panduan,3,Ruang Uji,16,Sabili,1,Sampoerna,1,Samsung,33,Samsung Forum,2,Samsung Galaxy Camera,2,samsung galaxy note,1,Samsung Galaxy S4,1,Samsung Galaxy S6,2,Samsung Galaxy Tab A,1,Sang Pemimpi,1,Searching,1,Security,3,Sejarah,1,sejarah fotografi,1,Sekolah,2,Selebritis,1,Selfie,2,Selular,8,Serambi,1,Services,8,Shade,1,Shutterstock,1,Simpati,2,simulator kamera DSLR,2,SkyDrive,1,Skype,1,Smart Camera,1,Smart Home,1,Smart Tags,1,Smart Telecom,1,Smartphone,24,Smartphone Indonesia,1,Snapdragon,2,Snapseed,1,Social Media,5,Social Networking,1,Society,4,Solo,2,Sony,12,Sony Ericsson,5,Sony Xperia Z,1,startup,9,Startup Lokal,3,Statigram,1,Steve Jobs,2,steve mccurry,2,Streamzoo,2,Stuck On Earth,1,Sunda Kelapa,1,Sunset,4,Super AMOLED,1,Survei Kamera,2,Swype,1,Symantec,4,Symbian,6,Tablet,10,Takudar Khan,1,Technology,2,Techpolitan,1,Teknologi,27,Teknologi dan Telekomunikasi,16,Telecommunication,8,Telekomunikasi,20,Telekomunikasi Indonesia,1,Telkom,1,Telkomsel,14,Telkomunikasi,2,Tere Liye,1,Test Drive,1,Texas Instrument,1,The Secret,1,Three,1,Tiga Serangkai,1,Timescape,1,Tips,14,tips edit foto,1,Tips Fotografi,11,TipsFoto,2,Torch,1,Toshiba,1,TouchWiz,1,toucretouch,1,Transportasi,7,Traveling,11,Trend Fotografi,2,Tungsten,1,Tweetdeck,1,Twitter,10,Uber,2,Ubuntu,1,Ultra Pixel,2,Valentine,2,Vlogs,1,VMware,8,Vox,1,Wahana Komputer,1,Waze,1,Web 2.0,1,Webstagram,1,White Balance,1,Wi-Fi,2,Windows,1,Windows Mobile,2,Windows Phone,6,XL,6,XL Axiata,4,XL SmartBuy,2,Xmor R,1,Xperia,2,yahoo,2,YouTube,2,Yuyung Abdi,1,ZTE,2,
ltr
item
mrbambang: Ingin Berjualan Online? Pilih Model Bisnis E-Commerce Ini
Ingin Berjualan Online? Pilih Model Bisnis E-Commerce Ini
mrbambang
https://mrbambangblog.blogspot.com/2014/05/ingin-berjualan-online-pilih-model.html
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/
https://mrbambangblog.blogspot.com/2014/05/ingin-berjualan-online-pilih-model.html
true
1307657475298993394
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy